Resep Membuat Kue Sarang Semut atau Kue Karamel

Kue karamel atau yang juga dikenal dengan nama kue sarang semut adalah salah satu kue yang cukup popular di Indonesia. Penggemar kue pastinya tidak asing lagi dengan kue berwarna coklat yang satu ini.

Sesuai namanya, kue ini memiliki lubang kecil dibagian permukaan dan juga bagian dalamnya. Kue ini cocok dijadikan cemilan di sore hari sembari menikmati teh hangat. Tidak hanya enak, kue ini ternyata bisa dibuat dengan mudah dirumah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue ini dapat diperoleh dengan mudah dan juga tentunya akan lebih hemat jika kue dibuat sendiri.

resep kue sarang semut

Cobalah resep kue sarang semut berikut ini jika tertarik untuk mencobanya dirumah. Dijamin anda tidak akan gagal membuatnya.

Bahan yang diperlukan :

  • 200 gram Tepung Terigu Protein Sedang (lihat keterangan protein pada kemasan)
  • 50 gram Tepung Maizena
  • 200 ml Susu Kental Manis
  • 7 butir Telur Ayam
  • 450 mililiter Air Panas
  • 400 gram Gula Pasir
  • 150 gram Margarine
  • 2 sendok teh Baking Soda
  • 1 sendok teh Baking Powder


Cara membuat kue sarang semut :

  1. Pertama-tama, buatlah caramel terlebih dahulu dengan cara memanaskan gula dalam wajan. Gunakan api kecil dan biarkan gula mencair dan berubah menjadi karamel.
  2. Tambahkan air panas pada wajan yang berisi gula. Ingat, hanya gunakan air yang benar-benar panas karena jika menggunakan air dingin, gula yang mencair akan membeku dan sulit untuk kembali mencair.
  3. Biarkan sebentar dan aduk cairan gula tersebut pelan-pelan dengan menggunakan spatula kayu sampai karamelnya larut. Setelah itu, matikan api dan biarkan suhu caramel turun atau agak hangat.
  4. Setelah karamel hangat masukkan susu dan margarine dalam cairan karamel tersebut. Aduk hingga rata dan biarkan margarinnya mencair, sisihkan.
  5. Pecahkan telur dan kocok hingga rata dalam sebuah wadah, sisihkan.
  6. Campur tepung terigu, maizena, baking powder dan baking soda dalam wadah lain yang terpisah.
  7. Sambil membuat adonan kue, jangan lupa panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 hingga 200 derajat celcius. 
  8. Masukkan telur yang sudah dikocok sebelumnya ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit dan aduk dengan menggunakan wisk.
  9. Setelah tepung tercampur dengan telur. Masukkan cairan karamel sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan adonan menjadi licin serta tidak ada gumpalan didalamnya. Adonan kue karamel yang baik bertekstur cair dan tidak kental.
  10. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarine dan tepung agar kue yang matang tidak menempel didasar loyang.
  11. Tuang adonan ke dalam loyang kemudian panggang dalam oven selama 40 hingga 45 menit.
  12. Saat kue matang biasanya akan terbentuk kulit diatas permukaan kue. Kulit ini sebaiknya dikelupas dengan menggunakan tusuk sate atau dengan menggunakan sendok.
  13. Setelah kulit dilepas maka akan tampak permukaan kue yang berlubang-lubang mirip dengan sarang semut.
  14. Kue yang sudah matang dapat ditusuk dengan menggunakan tusuk sate. Jika sudah tidak lengket, tandanya kue sudah matang . Angkat dan keluarkan dari oven.
  15. Kue yang matang dapat dikeluarkan dari loyang dengan cara dibalik diatas piring saji. Tunggu sampai kue dingin baru potong-potong dan sajikan.
Demikian cara membuat kue sarang semut atau kue karamel yang bisa anda praktekkan di rumah. Pastikan semua bahan ditakar dengan benar dan ikuti langkah-langkahnya terutama saat membuat karamel, perhatikan agar jangan sampai karamel hangus karena bisa menimbulkan rasa pahit pada kue. Selamat mencoba!

Resep Lainnya yang Bisa Anda Coba :

Copyright © 2015 Gudangnya Resep Masakan Terlengkap