Resep Membuat Bakso Daging Sapi Enak dan Kenyal Banget

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, bakso atau meatball adalah salah panganan favorit masyarakat Indonesia pada umumnya. Tahukah Anda bahwa bakso adalah makanan yang berasal dari negara Tiongkok.

Konon legendanya bakso diciptakan oleh seorang pria sebagai tanda bakti bagi ibunya yang sudah tidak lagi bisa mengunyah daging. Karena teksturnya yang lebih lembut dari daging, maka bakso bisa dikonsumsi siapa saja dan banyak digemari saat ini. Agar kualitas bakso yang kita makan terjaga dengan baik, tidak ada salahnya membuat bakso sendiri dirumah terutama untuk konsumsi keluarga.

resep bakso daging sapi


Banyak resep yang memberikan informasi tentang bagaimana membuat bakso, tapi perlu diingat bahwa ternyata ada beberapa hal yang perlu diketahui agar sukses membuat bakso. Pertama, bakso harus dibuat dari daging segar, artinya bakso tidak bisa dibuat dari daging yang telah dibekukan atau disimpan dalam kulkas sebelumnya, jadi pastikan daging yang digunakan dalam membuat bakso haruslah daging segar yang baru dipotong.

Kedua, gunakan air dingin untuk membuat bakso dan jika tidak ada maka gunakan air yang sebelumnya telah direndam dengan es. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana membuat bakso yang kenyal seperti yang kita temui di warung atau Abang penjual bakso, simak resep bakso daging sapi berikut ini

Bahan yang diperlukan :
  • 1 kilogram daging sapi giling segar berkualitas
  • 2 butir putih telur, ingat ambil putihnya saja
  • 6 sendok makan tepung tapioka
  • 6 siung bawang putih, Haluskan terlebih dahulu dengan menggunakan ulekan
  • 150 mililiter air dingin atau air es, pastikan air benar-benar dingin
  • 2-3 sendok makan garam
  • ½ sendok teh karagenan atau bahan pengenyal bakso

Cara membuat bakso daging sapi :

1. Campurkan daging sapi giling, air es, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, karagenan dan putih telur dengan menggunakan food processor atau jika tidak ada bisa mencampur semua bahan dengab menggunakan blender. Campur semua bahan hingga rata dan halus.

2. Didihkan air dalam panci secukupnya untuk merebus bakso yang akan dibentuk dan pastikan air sudah mendidih saat bakso hendak direbus atau dimasukkan dalam air.

3. Letakkan adonan dalam suatu wadah dan selanjutnya adonan bakso sudah dapat dibentuk. Caranya, ambil segenggam adonan dengan tangan kanan, gunakan sarung tangan plastik untuk menjaga kebersihan, tekan adonan hingga keluar diantara jempol dan jari telunjuk atau seperti diplotot kemudian ambil adonan yang keluar dengan menggunakan sendok. Celupkan sendok yang digunakan untuk mengambil adonan dalam air panas terlebih dahulu. Masukkan adonan tadi segera dalam air yang sudah mendidih. Ulangi hingga adonan habis.

4. Rebus bakso hingga matang. Tanda bakso yang sudah matang adalah mengapung di permukaan. Setelah bakso matang, angkat kemudian tiriskan.

5. Bakso yang sudah jadi dapat disajikan dengan kuah kaldu dan bahan pelengkap lainnya seperti mie atau bihun serta sayuran seperti sawi dan daun bawang. Bakso juga dapat disimpan dalam freezer atau pendingin dalam jangka waktu yang cukup lama.

6. Untuk membuat kuah bakso yang enak, gunakan kaldu sapi yang dibuat dari tulang dan daging sapi yang direbus dengan menambahkan bawang putih dan sedikit penyedap.

Bagaimana? Mudah bukan? Bakso yang Anda buat sendiri tentunya jauh lebih aman mengingat saat ini banyak sekali bakso yang beredar dipasaran yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti boraks dan formalin atau juga menggunakan bahan-bahan yang tidak semestinya digunakan seperti daging tikus, daging babi dan lain sebagainya.

Resep Lainnya yang Bisa Anda Coba :

Copyright © 2015 Gudangnya Resep Masakan Terlengkap