Resep Membuat Bakso Ikan yang Terkenal Akan Kelezatannya

Bakso, makanan yang satu ini biasanya dibuat dari bahan dasar daging sapi atau ayam, namun saat ini banyak jenis bakso yang dijajakan dipasaran yang terbuat dari bahan selain daging sapi atau ayam, misalnya dari ikan atau udang.

Bakso ikan adalah salah satu jenis atau varian bakso yang dibuat dengan menggunakan daging ikan sebagai bahan dasarnya. Kadang jika kita membelinya di pasar atau dalam kemasan, rasa bakso ikan kurang enak karena mungkin daging yang digunakan tidak segar. Beberapa orang mungkin kurang menyukai bakso ikan yang dijual dipasaran sehingga tidak ada salahnya jika bakso ikan dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan segar dan sehat tentunya.

resep bakso ikan

Bakso ikan biasanya dibuat dari berbagai jenis ikan misalnya tuna, ikan ekor kuning, kakap dan sebagainya. Tidak hanya enak dinikmati bersama kuah kaldu, bakso ikan dapat digunakan sebagai campuran masakan seperti capcay, mie goreng, mie rebus dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas resep membuat bakso ikan sendiri di rumah. Anda dapat menggunakan daging ikan apa saja sesuai selera anda asalkan dagingnya segar.

Mungkin hasil bakso yang dibuat sendiri tidak semulus bakso ikan yang dijual dipasaran tapi rasanya tentu tidak kalah dan pastinya lebih sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan pengenyal yang berbahaya. Simak bagaimana cara membuat bakso ikan yang mudah berikut ini.

Bahan yang diperlukan :

  • 500 gram daging ikan segar (sebaiknya hindari menggunakan daging ikan yang sudah dibekukan terlalu lama)
  • 2 sendok makan tepung sagu atau tepung kanji
  • 3 siung bawang putih, haluskan terlebih dahulu
  • 2 putih telur dingin
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat bakso ikan :

  1. Siapkan wadah untuk menampung adonan bakso ikan telebih dahulu. Campurkan daging ikan dengan bahan lain seperti tepung sagu, bawang putih yang telah dihaluskangaram dan gula. Aduk rata hingga menjadi adonan yang kalis, tambahkan putih telur dingin kemudian uleni hingga beberapa saat atau sekitar 2 menit.
  2. Panaskan air terlebih dahulu hingga mendidih untuk merebus bakso.
  3. Setelah adonan diuleni dan terasa kencang jika digenggam, adonan sudah siap direbus tapi harus dibentuk terlebih dahulu dengan cara menggenggam adonan dengan tangan kemudian menekannya hingga adonan keluar diantara jempl dan telunjuk. Ambil adonan yang keluar dari genggaman tersebut dengan menggunakan sendok yang telah dicelupkan dalam air panas sebelumnya.
  4. Masukkan adonan yang sudah dibulatkan tersebut langsung ke dalam air yang mendidih dan ulangi hingga adonan habis.
  5. Tunggu selama beberapa menit hingga bakso mengambang di bagian permukaan atas air, bakso yang mengambang adalah tanda bahwa bakso telah matang.
  6. Angkat dan dinginkan. Bakso ikan sudah siap disantap dan dapat disimpan dalam freezer atau pendingin untuk disantap di lain waktu.
Cukup mudah bukan? Memang agak sedikit repot membuat bakso ikan sendiri di rumah tapi jika hasilnya bagus tentu sangat memuaskan untuk disantap. Bakso ikan yang sudah matang dapat dinikmati dengan kuah kaldu ikan atau udang favorit anda atau jika tidak ada anda dapat membuat kaldu dari daging ayam.

Jika bosan menyantap bakso ikan dengan cara yang itu-itu saja, anda juga dapat mengirisnya lalu menggoreng bakso tersebut dalam minyak panas atau dengan menyajikannya bersama sambal kacang seperi siomay.

Resep Lainnya yang Bisa Anda Coba :

Copyright © 2015 Gudangnya Resep Masakan Terlengkap